Ads

Artikel Terbaru
recent

Gerak Pada Tumbuhan


Pernakah kalian melihat tumbuhan bergerak? Bagaimana cara tumbuhan dapat bergerak? Gerak merupakan salah satu bentuk tanggapan organisme terhadap rangsang. Rangsang dapat datang dari luar (eksternal) atau dari dalam (internal) tubuhnya sendiri. Pada makhluk primitif, kemampuan menanggapi rangsang masih sangat sederhana yang di sebut daya iritabilitas.

Tumbuhan mempunyai kepekaan tertentu untuk menanggapi rangsang yang diterimanya.Setiap rangsangan yang mengenai tumbuhan akan ditanggapi oleh tumbuhan tersebut.tanggapan ini berupa gerakan dari bagian-bagian tumbuhan. Berdasarkan rangsangannya,gerak pada tumbuhan dikelompokkan menjadi tiga,yaitu 

Gerak Autonom (Endonom)

Gerak Tumbuhnya Daun

Gerak autonom (endonom) adalah gerak yang belum diketahui penyebabnya scara pasti,namun diperkirakan gerak ini disebabkan oleh  rangsangan yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri.Dengan  kata lain,gerak autonom adalah gerak yang tidak disebabkan oleh  rangsangan dari luar.

Gerak Higroskopis

Membukanya Sporangium pada Tumbuhan Paku

Gerak higroskopis adalah gerak bagian tumbuhan yang diakibatkan oleh pengaruh perubahan kadar air dari sel-sel sehingga terjadi pengerutan yang tidak sama.

Gerak Esionom

Gerak Menutupnya Daun Putri Malu

Gerak esionom meupakan gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari luar tubuh tumbuhan tersebut. Macam - macam gerak esionom pada tumbuhan:

1. Nasti

Nasti adalah gerak tumbuhan terhadap rangsangan, yang arah geraknya tidak ditentukan oleh rangsangan tetapi oleh tumbuhan itu sendiri. Gerak nasti terjadi karena perbedaan tekanan turgor.contoh paling mudah adalah gerak ‘’tidur’’ yang di tunjukkan oleh  bermacam-macam tumbuhan polong (leguminosae). Gerak tidur itu disebut niktinasti (nyktos= malam). Berdasarkan penyebabnya, gerak nasti dibedakan menjadi lima macam:

a. Fotonasti

Fotonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan cahaya matahari.

b. Niktinasi


Niktinasti merupakan gerakan nasty yang disebabkan oleh suasana gelap (gerak tidur). Pada umumnya, daun-daun tumbuhan polong-polongan (Leguminosaceae) akan menutup pada waktu malam. Daun-daun tersebut akan membuka kembali pada pagi hari. Selain disebabkan oleh suasana gelap, gerak “tidur” daun-daun tersebut dapat terjadi akibat perubahan tekanan turgor di dalam persendian daun.

c. Tigmonasti


Tigmonasti adalah gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan mekanis berupa sentuhan atau tekanan. Istilah  tigmonasti berasal dari bahasa Yunani, yaitu thigma yang berarti sentuhan. Gerak  tigmonasti disebut juga dengan seismonasti.

d. Termonasti


Termonasti merupakan gerakan  nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu.

e. Nasti  Kompleks


Nasti kompleks adalah gerak  nasti  yang disebabkan oleh beberapa faktor sekaligus. Rangsangan yang diterima dapat berupa: cahaya matahari, suhu, air dan zat kimia.

2. Tropisme



Gerak tropisme adalah gerak menanggapi rangsang dari bagian organ tumbuhan.arah gerakanya dapat menuju atau menjauhi sumber rangsang. Berdasarkan  jenis rangsangganya,tropisme dibedakan menjadi lima: 







a. Fototropisme


Fototropisme merupakan gerak tropisme  yang di sebabkan oleh rangsangan cahaya matahari.

b. Geotropisme


Geotropisme merupakan gerak tropisme yang mengikuti gaya gravitasi bumi.

c. Kemotropisme


Kemotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan oleh rangsangan zat kimia.

d. Tigmotropisme


Tigmotropisme merupakan gerak tropisme yang disebabkan oleh rangsangan sentuhan  pada benda yang lebih keras. Gerak tanaman sulur menanggapi rangsangan sentuhan itu disebut tigmotropi (thigmo = sentuh).

e. Hidrotropisme


Hidrotropisme merupakan gerak tumbuhan akar yang dipengaruhi oleh ketersediaan air tanah.pada umumnya, akar tumbuhan lurus ke bawah,tetapi jika pada arah ini tidak terdapatcukup air,maka akar akan tumbuh membelok kearah yang cukup air. 






3. Taksis


Taksis merupakan gerak pindah tempat seluruh tubuh tumbuhan menuju atau manjauhi rangsangan di sebut gerak taksis. Berdasarkan  jenis rangsanganya,taksis dibedakan menjadi dua macam, yaitu fototaksis dan kemotaksis.

a. Fototaksis

Fototaksis merupakan gerak taksis yang disebabkan oleh rangsangan cahaya matahari.

b. Kemotaksis


Kemotaksis merupakan gerak taksis yang di sebabkan oleh rangsangan kimia.





No comments:

Powered by Blogger.